Tips Menjaga Kebersihan Sangkar Burung

Menjaga Kebersihan Sangkar Burung Tak sedikit pencinta burung kicau mengeluh, di mana burung yang digantangkan hanya setengah jalan dan justru ada pula yang tak bekerja sama sekali. Sebenarnya, hal ini bukan hanya terdapat pada kesalahan proses perawatan harian pada burung tersebut tetapi juga terkadang karena Anda sebagai pemilik burung tersebut tidak menyadari akan kebersihan kandang dan burung yang Anda cintai. Tentunya bagaimana burung tersebut bisa makan dengan sehat jika tempat makan atau sangkarnya saja masih kotor karena sisa makanan kemarin.

Terkadang hal sepele yang umumnya terlupakan para perawat burung bisa berakibat fatal. Sering kali pencinta burung kicauan tak bisa menjaga kebersihan dan tak jarang menjumpai burung dengan kakinya yang berjamur. Bahkan ada pula burung yang mati mendadak sebab tanpa sadar sarang atau kandang burung kotor karena burung tersebut terkena penyakit. Nah, untuk itu perlu sekali menjaga kebersihan pada kandang burung agar burung pun lebih sehat. Adapun beberapa tips yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan pada burung kesayangan Anda, adalah sebagai berikut:

Menjaga Kebersihan kandang

Kebersihan Kandang
Menjaga kebersihan burung merupakan langkah awal
agar burung lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Perhatikan kebersihan
kandang dan tempat pemandian burung.


1. Menjaga Kebersihan Sangkar atau Kandang

Menjaga kebersihan kandang atau sangkar burung sebenarnya tak hanya terdapat pada karpet yang terdapat kotoran saja yang mesti dibersihkan. Melainkan juga pada bagian seperti tampat pakan, tempat minum,  mahkota dan jeruji sangkar yang mesti dibersihkan setidaknya sekali dalam 1 bulan. Untuk membersihkan sangkar burung dengan benar, sebaiknya cuci kandang atau sangkar memakai deterjen. Lalu jemur sangkar tadi sambil menunggu burung selesai dimandikan.

2. Menjaga Kebersihan Tempat Pemandian

Selain sangkar, hal yang tak boleh dilupakan adalah kebersihan tempat untuk memandikan burung. Sebab tempat pemandian air ini bisa menjadi sumber penyakit jika dibiarkan kotor atau tidak dibersihkan. Bahkan bisa menularkan virus atau kutu pada burung yang akan Anda mandikan.

Baca Juga : Penanganan Burung Macet Bunyi (Rusak ) dengan buah peer

Meskipun cara perawatan kebersihan burung di atas terlihat sepele, namun tentunya banyak orang yang tak menyadarinya. Justru kedua hal tersebut begitu penting untuk dilakukan, dan bisa berakibat fatal bila tidak memperhatikan kebersihan burung. Seperti kita ketahui, yang namanya virus atau kuman lebih menyukai tempat yang kotor. Pada tempat yang kotor inilah burung Anda bisa terkena virus yang bisa membahayakan kesehatan tubuh pada burung kesayangan Anda!

sumber gambar dan referensi :

http://pad1.whstatic.com/images/thumb/2/23/Clean-a-Rabbit-Cage-Step-4.jpg/670px-Clean-a-Rabbit-Cage-Step-4.jpg
http://mediabnr.com/2016/03/01/kebersihan-langkah-awal-burung-kerja