Tips Memilih dan Perawatan Decu Belang

Decu belang jika dilihat sekilas seperti burung kacer, namun ukurannya lebih kecil dibandingkan kacer. Decu belang termasuk jenis burung yang gemar menggoyangkan bagian ekornya dan pernah populer pada arena perlombaan. Burung decu belang memiliki penampilan cantik dan burung ini pernah populer pada tahun 2000-an. Waktu itu, burung ini banyak sekali peminatnya untuk dapat dilombakan. Terlebih lagi burung decu belang memiliki kelas tersendiri seperti halnya murai batu, kacer dan lovebird. 

Perawatan Decu Belang
Untuk proses perawatannya, tak jarang jenis burung ini hanya bisa mengeluarkan suara yang mengeriwik serta tak ingin bersuara lantang. Adapun untuk mengatasinya, dibutuhkan perubahan pada pola perawatan sehari-hari, khususnya pakan tambahan atau EF yang perlu ditambah. Terutama bila burung ini mengalami masa mabung atau kurang fit. Selain itu, agar decu belang yang dipelihara bisa menang lomba Anda pun harus memilih burung decu belang yang berkualitas. 
Ada beberapa tips dan cara memilih jenis burung decu belang yang bakalan, seperti berikut ini:
  1. Mengamati Bentuk dan Warna Tubuh Anda sebaiknya memilih jenis decu belang dengan warna yang mulus, cerah dan tegas. Pastikan bentuk tubuh decu belang yang rambing dan panjang, dengan kepala besar di bagian atasnya terlihat ceper atau lebar, dengan bentuk mata besar dan leher yang lebar. 
  2. Burung Bermental Baik Untuk memilih decu belang, sebaiknya pilih burung yang bermental baik dengan mengamati penampilannya. Umumnya mental yang baik pada burung bisa dilihat jika burung tersebut tetap mengeriwik, walaupun didekati pada jarak yang dekat. 
  3. Amati Suaranya Pada decu belang bakalan yang berkualitas, biasanya memiliki suara yang rapat, tajam dan ngerol, umumnya burung tersebut mengeluarkan suara dengan tembakan yang keras. 

Berdasarkan kriteria burung decu belang berkualitas di atas, akan didapatkan decu belang yang memiliki sifat-sifat seperti rajin berkicau, khususnya saat melihat musuhnya, mempunyai mental begitu baik, terlebih lagi ketika digantung dengan burung jenis yang lainnya atau saat dilombakan, mempunyai kecerdasan meniru suara jenis burung lainnya, memiliki suara kicauan rapat, kristal dan mudah ngerol, serta pandai mengatur irama atau tidak monoton. 
sumber gambar dan refernsi :
http://burungue.blogspot.co.id/2013/10/mengenal-burung-decu-belang.html
http://omkicau.com/2016/03/12/tips-memilih-dan-merawat-burung-decu-belang/

Hafuza Haikal

hanya seorang penghobi hewan peliharaan seperti burung, kucing dan juga ikan hias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *