Tips Membuat Aquascape Sederhana

Membuat Aquascape Aquascape adalah aksesori paling penting untuk pencinta Ikan Hias, khususnya bagi pemilik binatang air. Melalui aquascape inilah Anda dapat melihat ikan peliharaan kesayangan berenang kian kemari di antara tanaman dan bebatuan layaknya ia berada di habitat yang asli. Untuk membuat aquascape sederhana, Anda perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

Melakukan Dekorasi Pada Dasar Aquarium

Membuat Aqua Scape
Membuat Aqua Scape
Awalnya Anda bisa mengatur dasar aquascape terlebih dulu, dengan menaburkan pasir pada dasar aquascape sekitar 2-3 cm. Untuk dekorasi dasarnya, bisa memakai jenis pasir yang mana saja sesuai keinginan, contohnya pasir silica atau yang lainnya.

Penambahan Pupuk

Jika pasirnya sudah ditata dengan baik pada dasar aquascape, selanjutnya dengan memasukkan atau menambahkan pupuk pada bagian atas pasir yang sudah ditata. Tambahkan pupuk di bagian cekungan pada pasir yang ketebalannya 2-3 cm, pastikan tidak sampai terkena ujung kacanya supaya tak tampak dari luar.

Tutup Kembali Memakai Pasir

Bila pupuknya telah dimasukkan, selanjutnya tutup kembali memakai pasir supaya pupuk tak terlihat. Anda bisa mengatur pola pada pasir berdasarkan keinginan, layaknya membuat gundukan pada ujung dan juga yang lainnya. Di mana pasir tersebut menjadi permukaan pada dasar aquascape dengan begitu Anda bisa mengaturnya dengan baik supaya terlihat cantik.

Tambahkan Aksesori dan Bebatuan

Penataan Aquascape
Penataan Aquascape
Berikutnya tambahkan aksesori mati dan bebatuan lainnya. Anda bisa mengaturnya serapi mungkin serta usahakan Anda telah memiliki gambaran dari bentuk aquascape itu sendiri agar nantinya tak usah lagi memindahkannya kembali.

Tambahkan Tanaman 

Selanjutnya adalah dengan memasukkan tanaman untuk aquascape. Awalnya Anda bisa mengisi air sekitar ¼ bagian dari aquarium. Usahakan memasukan air dengan perlahan memakai bantuan alat khusus atau saringan supaya kucurannya tak merusak dekorasi pupuk dan pasir

Mengisi Air

Sesudah tanaman semuanya dipasang pada tempatnya, langkah berikutnya isi aquarium tersebut memakai air sampai penuh. Seperti yang dilakukan sebelumnya, Anda harus memastikan air tersebut dimasukkan dengan perlahan supaya tak merusak pasir maupun tumbuhan di dalamnya.

Tambahkan Aksesori Lainnya dan Filter

Terakhir Anda bisa menyusun filter, lalu diffuser CO2 beserta lampu yang hendak digunakan. Adapun filter ini bertujuan untuk mensirkulasikan dan menyaring air terhadap kotoran. Sementara lampu dan CO2 amat penting membantu terjadinya proses fotosintesis tanaman.
jika anda masih bingung silahkan lihat video setep by step dalam membangun aquasacpe :

Jika Anda sudah membuat aquascape sendiri, selanjutnya cukup melakukan perawatan dengan tepat. Adapun proses perawatan tersebut begitu penting supaya tanaman di dalamnya dapat tumbuh subur serta tak mudah membusuk atau mati. Perawatan tersebut bisa dengan melakukan penggantian air pada aquarium dengan teratur!
sumber gambar dan referensi :
http://myzone.thegreenmachinel.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/08/Crimson-Sky-James-Findley-Aquascape-Aquarium-31.jpg
https://i.ytimg.com/vi/zWE5ldum9QI/maxresdefault.jpg
http://bacaterus.com/cara-membuat-aquascape/
Source :
cara membuat aquascape, peralatan untuk aquascape, hal-hal yang di perlukan untuk aquascape, jual aquascape, ikan rekomendasi untuk aquascape, kayu aquascape, saringan untuk aquascape,

Hafuza Haikal

hanya seorang penghobi hewan peliharaan seperti burung, kucing dan juga ikan hias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *