Tips Membersihkan Telinga Kucing

Perawatan kucing peliharaan haruslah dilakukan secara rutin agar kucing tetap sehat dan bersih. Salah satu perawatan kucing yang harus dilakukan adalah membersihkan telinga. Sama halnya dengan manusia, telinga kucing juga harus dibersihkan agar tidak menjadi sarang penyakit dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada kucing. Untuk membersihkan telinga kucing secara rutin Anda tidak perlu datang ke dokter hewan karena Anda bisa melakukannya sendiri. Cara membersihkan telinga kucing tidaklah terlalu sulit, alat dan bahannya juga sangat sederhana.
Untuk anda yang ingin membersihkan telinga kucing maka siapkanlah alat dan bahan berikut ini:
  1. Penyeka atau bola kapas
  2. Pipet plastik 1 buah
  3. Larutan khusus untuk membersihkan telinga (baby oil / menggunakan alkohol)
  4. Air hangat
  5. Catoonbuds
  6. Handuk hangat untuk membungkus kucing
Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan telinga kucing sendiri di rumah:
Tips Membersihkan Telinga Kucing
  • Peganglah kucing Anda kemudian bungkus dengan menggunakan handuk agar kucing merasa nyaman. Baringkanlah kucing dipangkukan Anda. Jika kucing masih agak takut eluslah bagian kepala kucing agar kucing merasa nyaman dan tidak takut lagi.
  • Lipatlah telinga kucing untuk mempermudahkan Anda dalam membersihkan telinga kucing. Jangan terlalu keras ketika melipat telinga kucing.
  • Gunakanlah cairan khusus untuk membersihkan telinga. Selam membersihkan telinga hindari untuk menggunakan benda tajam atau tumpul untuk membersihkan bagian dalam telinga. Gunakan saja kapas / Catoonbuds untuk membersihkannya
  • Lakukan pijatan yang lembut pada bagian sekitar telinga agar kucing merasa nyaman. Bagian dalam telinga sebaiknya di lap dengan menggunakan kain kasa secara lembut sampai bersih.
  • Jika sudah selesai lepaskanlah kucing dan biarkan selama 5 menit sebelum diajak untuk bermain lagi.

 


Cukup mudah bukan untuk membersihkan telinga kucing sendiri? Membersihkan telinga kucing adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan kucing. Perhatikan telinga kucing Anda, jika pada telinga terdapat bintik hitam dan berbau maka ini merupakan indikasi terdapat jamur pada telinga kucing. Segeralah bawa kucing Anda ke dokter hewan jika terdapat gejala-gejala yang sudah disebutkan. Untuk menghindari adanya jamur, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan dan membawa kucing Anda ke dokter hewan secara rutin.
sumber gambar dan refernsi :
http://okdogi.com/wp-content/uploads/2016/01/cara-membersihkan-telinga-kucing.jpg
http://binatang.net/tips-membersihkan-telinga-kucing/
Source :
Telinga kucing, perawatan telinga kucing, membersihkan telinga kucing, jamur pada telingga kucing telingga kucing kotor, pembersih telinga kucing, telinga kucing sakit, menjaga kesehatan kucing, keberisihan pada kucing, perawatan kucing

Hafuza Haikal

hanya seorang penghobi hewan peliharaan seperti burung, kucing dan juga ikan hias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *