Cara Memilih cucak ijo

Pemilihan dan Perawatan Burung Cucak Ijo Lengkap

Burung cucak ijo merupakan salah satu burung semi fegihter tidak seperti burung kacer ataupun burung murai batu, cucak ijo bisa di katakn tidak seagresif dengan kedua burung tersebut. Akan tetapi cucak ijo juga agan mengeluarkan kicauan khasnya ketika di tempel dengan burung cucak ijo lain akan tetapi ini biasanya hanya berlaku pada burung cucak ijo yang sudah jadi beda cerita dengan burung cucak ijo yang masih bkalan. Salah satu daya tarik burung cucak ijo adalah suara kicauannya sangat merdu dan lebih enak di dengar jika di bandingkan dengan burung kacer.

Cucak ijo bakalan sumatra di pasaran biasaya di jual dengan harga berkisar rp 500.000 tentu saja itu bukanlah usang yang sedikit mengingat kita hanya membeli burung bakalan yang belum tentu bunyi, maka dari itu sebelum membeli burung cucak ijo alangkal lebih baik mengetahui ciri fisik dari cucak ijo yang bagus agar tidak menyesal nantinya. Dalam dunia kicau mania sifat / karakter cucak ijo merupakan bawaan dari lahir maka dari itu cukup susah di rubah atau bahkan tidak bisa di rubah berbeda dengan stamina ataupun isiannya.

Burung Cucak Ijo

Dengan demikian pemilihan cucak ijo bakalan yang bagus akan sangat berpengaruh kedepannya apakah burung tersebut akan cepat berkicau di sangkar atau tidak maka dari itu harus cukup teliti dalam pemilihan cucak ijo bakalan. walaupun settingan pakan ataupun segala cara sudah di tempuh kalo bawaan dari lahirnya burung tersebut memang tidak cerewet ya bakalan susah.

Pemilihan Cucak Ijo yang Bagus
Salah satu ciri cucak ijo bakalan yang bagus adalah memiliki mata yang terlihat menonjol jika anda memperhatikan dari depan bentuk matanya akan cukup terlihat seperti gambar di bawah ini :

Cara memilih cucak ijo
Cara memilih cucak ijo (Mata)

Baca juga : Manfaat Buah Untuk Burung

Cucak Ijo yang memiliki mata yang cukup menonjol biasanya merupakan cucak ijo fighter dan memiliki mental yang bagus akan tetapi tetap saja namanya burung bakalan akan tetap membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. kemudain yang kedua selain mata coba perhatikan bentuk paruhnya saya sarankan memilih cucak ijo selain memiliki mata yang bagus prioritas yang kedua adalah dengan melihat bentuk paruhnya, usahkan pilih cucak ijo yang paruhnya agak kecil memanjang dan sobekannya kalo bisa jangan terlalu jauh dengan mata dan seolah olah bulu yang di miliki di pingir paruh tidak terlalu banyak seperti gambar di bawah ini :

Cara Memilih cucak ijo
Cara Memilih cucak ijo

biasanya burung yang memiliki bentuk paruh seperti itu kalu berkicau akan totalitas alias ngeplong, kemudain yang ketiga adalah bentuk kepala dari cucak ijo itu sendiri biasanya saya lebih menyukai burung cucak ijo yang memiliki kepala cepak, selain terlihat gagah burung yang memiliki kepala cepak biasanya juga merupakan burung petarung yang memiliki mental yang bagus juga berikut gambarannya :

Cara memilih cucak ijo (kepala)
sedangkan untuk bentuk tubuh pilihlah cucak ijo yang memiliki leher yang terlihat tebal dan berisi, selain itu untuk kaki pilihlah cucak ijo yang memiliki kaki yang kering dan memiliki cengkraman kuat biasanya cucak ijo yang memiliki cengkraman kuat merupakan burung yang sehat.

Perawatan dan Settingan Harian Pada Burung Cucak Ijo

Burung cucak ijo di alam liar biasanya mengkonsumsi buah – buahan dan juga seranga kecil sebagai makanan utamanya. Pada umumnya para penggemar burung cucak ijo memberikan pisang sebagai makanan utamanya dan kemudian baru di berikan beberapa ef lain sebagai pendampingnya seperti jangkrik ulat hongkong dan juga ulat balap, kemudian akan lebih baik jika bisa memberikan pepaya sekar setiap minggu karena buah pepaya cukup baik untuk pencernaan cucak ijo, selain itu menurut pengalaman para pecinta cucak ijo biasanya burung cucak ijo yang di beri pepaya akan lebih gacor.

Pakan Cucak Ijo
Pakan Cucak Ijo

Untuk setingan harian saya lebih merekomendasikan memberikan buah buahan segar (pisang) setiap hari dari pada memberikan voer sebagai makanan utamanya. Buah buahan segar disini yang wajib adalah pisang kepok yang biasa di jual di warung pakan burung bukan pisang jenis lain apalagi pisang buah bukan jelek akan tetapi kotoran yang di hasilkan jika memberikan pisang buah bisanya akan terlihat basah dan bisanya juga kalau jarang di berishkan akan banyak belatung yang hidup di kotoran burung tersebut.

Kemudain buah yang kedua adalah pepaya usahakan minimal seminggu sekali burung di berikan pepaya atau jika cucak ijo yang anda miliki terlihat gemuk mungkin anda bisa menganti pisangnya menjadi pepaya untuk makanan pokoknya kemudan tambah intensitas jemurnya (hanya berlkau untuk burung yang sudah mapan bukan burung bakalan).

Sedangkan untuk pakan tambahn anda bisa memberikan jangkrik sebanyak 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor pada malam hari, kemudian ada mitos tentang jika terlalu banyak memberikan uh pada burung akan mengakibatkan katarak apakah itu benar ? Sebelmnya perhatiakn dulu apa itu katarak, “katarak merupakan bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan mata” alodokter.

penyebab dari katarak sendiri adalah faktor usia, keturunan, terlalu banyak terkena sinar matahari secara berlebihan kemudan bisa di sebabkan karena cidera mata dan juga bisa di sebabkan karena kurang vitamin, kemudian silahkan ambil kesimpulan sendiri apakah terlalu banyak memberikan uh bisa mengakibatkan katarak ? Kecuali kalau semisal mata burung di gigit oleh uh, pemberian uh sendiri saya sarankan ketika burung terlihat kurang bersemangat atau ketika anda akan mengantang cucak ijo ke latberan, karena uh bisa meningkatkan birahi pada burung.

Untuk burung bakalan anda bisa memperdengarkan suara burung cucak ijo lain tapi jangan terlalu sering takutnya malah akan menakut nakuti cucak ijo bakalan yang anda miliki, coba amati perilaku cucak ijo yang anda miliki setelah di perdengarkan suara cucak ijo lain jika burung cucak ijo tidak mau menyahutnya kirakira setengah meneit setelah di putar mungkin burung cucak ijo yang anda miliki masih belum siap, dan anda bisa mendownload suara cucak ijo di bawah ini :

Suara Cucak IJo Gacor Download

Kemudian yang terahir perhatikan kebersihan kandangnya, di karenakan pisang merupakan makanan pokoknya biasanya kotorannya pun tidak sama dengan burung yang di beri makan voer, bisanya kotoranya akan lebih basah dan  cukup banyak seranga kecil yang suka berdtangan kalau tidak sering di berishkan dan mungkin 4 hari tidak di bersihkan bisa jadi akan ada banyak belatung yang bermunculan di kandang cucak ijo.

kemudian perhatikan juga airnya usahakan ganti air untuk burung cucak ijo 2 hari sekali atau bisa juga 1 hari sekali tergantung dari sifat burung cucak ijo sendiri. Pernah saya pengalaman memelihara burung cucak ijo yang bisa dikatakan cukup jorok sering membawa makananya ke dalam wadah air yang mengakibatkan air menjadi keruh dan bau sehingga tidak layak di konsumsi oleh burung cucak ijo.

Hafuza Haikal

hanya seorang penghobi hewan peliharaan seperti burung, kucing dan juga ikan hias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *