Mengenal Keunikan Ikan Hias Angelfish

Ikan Hias Angelfish Tahukah Anda jenis ikan hias yang memiliki warna sangat indah? Anda pasti punya jawaban yang berbeda-beda, tapi ada satu jenis ikan hias yang warnanya sangat indah yakni angelfish. Ikan angelfish dalam sistem taksonomi hewan masuk dalam famili Cichlidae, genus Pterophyllum, dan spesiesnya ada 3 jenis. Ketiga jenis spesies tersebut yaitu Pterophyllum altum, Pterophyllum leopoldi, dan Pterophyllum scalare. Ikan ini berasal dari daerah amazon, Amerika selatan. Banyak aquarist yang senang memelihara ikan ini karena ikan ini cukup unik dan Mengenal Keunikan Ikan Hias Angelfish

Keunikan ikan angelfish bisa dilihat dari bentuk tubuh mereka. Bentuk tubuh ikan angelfish bulat memanjang, serta pada bagian sirip punggung dan ekornya berbentuk segitiga. Selain bentuk tubuhnya yang unik, perilaku mereka juga unik dan bahkan bisa dikategorikan cerdas karena ada yang sampai bisa mengenali pemiliknya. Keunikan ikan angelfish inilah yang membuatnya begitu berharga di kalangan aquarist.

Ikan Angelfish

Mengenal Keunikan Ikan Hias Angelfish

Keunikan ikan angelfish yang perlu anda tahu

Keunikan ikan angelfish yang lain yaitu bersifat predator, karena sifatnya inilah maka Anda harus memisahkan ikan spesies lain yang ukurannya lebih kecil di dalam aquarium. Untuk kelangsungan hidup angelfish yang berkesinambungan, sebaiknya Anda menempatkan ikan ini di dalam aquarium secara berkelompok. Kelompok ideal untuk angelfish yaitu 4 sampai 6 ekor dalam setiap aquarum, jika kurang dari 4, maka ikan akan menjadi agresif dan jika lebih dari 6 maka ikan pertumbuhan ikan akan terhambat.

Ketika Anda memelihara ikan angelfish, sebaiknya jangan menempatkan tetras atau ikan serupa yang panjangnya kurang dari 3 cm di dalam aquarium yang sama. Ikan yang ukurannya lebih kecil akan menjadi makanan untuk angelfish. Jangan pula Anda tempatkan ikan yang lebih agresif dari angelfish seperti Tiger barb atau Serpae tetra, karena ikan ini akan merusak sirip angelfish. Sebaiknya juga jangan menaruh ikan yang lebih besar seperti Betta splenden atau gurami karena akan membatasi ruang gerak angelfish. Jika ingin menempatkan spesies lain, sebaiknya Anda pasangkan dengan apistogramma, Kribensis, atau Blue rams.

Ikan angelfish juga membutuhkan kondisi tempat tinggal yang unik, kondisi tersebut harus sesuai dengan habitat aslinya. Suhu air yang cocok untuk ikan angelfish yaitu 28o, kemudian pH yang ideal yaitu sekitar 5,5 sampai 6,8. Selain itu, Kekerasan air juga harus diperhatikan yakni dipertahankan antara 5 sampai 12 dGH. Pertumbuhan dan perkembangan ikan angelfish akan optimal dengan menggunakan kombinasi pakan berupa pellet, makanan hidup, dan makanan beku.

Perkawinan antar spesies ikan angelfish yang berlangsung sejak lama telah berhasil memunculkan berbagai anakan hibrida baru yang memiliki warna lebih indah. Kemunculan berbagai jenis hibrida baru ini membuat varietas angelfish semakin meningkat. Demikianlah pembahasan mengenai keunikan ikan angelfish, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda terkait ikan angelfish.

Hafuza Haikal

hanya seorang penghobi hewan peliharaan seperti burung, kucing dan juga ikan hias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *