Mengenal Ikan Killfish yang Eksotis

Ikan killfish berasal dari kata “kilde” yang dalam bahasa Belanda memiliki makna sungai kecil. Nama tersebut mungkin sebagai julukan dengan mengacu pada ukurannya yang kecil, karena ikan ini ukuran tubuh rata-rata antara hanya 2,5-5 cm, dan maksimal ukuran tubuhnya tak lebih dari 15 cm. Di dalam sistem taksonomi, ikan killfish masuk dalam famili Cyprinodontidae dan masih berkerabat dekat dengan ikan molli dan guppi. Ikan ini tersebar di seluruh belahan dunia yang termasuk dalam daerah yang disebut sabuk khatulistiwa, tetapi tidak ditemukan di daerah Australasia.
Ikan killfish yang masih berkerabat dekat dengan ikan live bearer masih termasuk jenis ikan yang suka makan larva nyamuk. Meskpiun ikan ini termasuk ikan air tawar, namun warnanya tidak kalah dengan jenis ikan air asin serta siripnya juga sangat indah. Ketika Anda memelihara ikan killfish dalam aquarium, sebaiknya jangan menaruh dua jantan di dalam kolam yang sama karena ikan ini termasuk jenis ikan teritori.
Ikan Killfish
Perbandingan yang baik untuk ikan killfish yaitu satu jantan dengan tiga betina di dalam kolam yang sama. Ketika Anda memelihara ikan killfish dalam aquarium, maka pada bagian atas aquarium harus diberi tutup karena ikan ini dapat loncat dan keluar dari kolam. Kemudian air yang ada di dalam kolam sebaiknya dipertahankan suhunya tidak kurang dari 22 dan tidak lebih ari 26 oC serta pH antara 6,2 sampai 6,8.
Berdasarkan cara berkembangbiak, ikan killfish dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok.
1. Kelompok annuals (tahunan)
Kelompok annuals di alam bebas setiap harinya selalu bertelur, bahkan ketika memasuki musim kemarau dan air mulai mengering ikan ini tetap bertelur. Telur yang muncul saat kondisi air mengering akan masuk ke fase hibernasi, dan telur tersebut akan menetas kembali setelah tempat hidup mereka kembali dipenuhi air.
2. Kelompok semi annuals
Kelompok ikan killfish semi annual habitatnya di kolam yang kadang mengering airnya hingga hanya menyisakan lumpur. Jenis ikan ini biasanya bersifat substrat spawners, yakni meletakkan telur dalam substrat seperti lumut gambut, atau java moss. Periode hidup ikan ini lebih lama daripada kelompok annuals.
3. Kelompok non annuals
Kelompok ikan ini hidupnya harus selalu di dalam air, dan tidak bisa hidup di daerah yang sering kekurangan air atau bahkan berlumpur. Ikan ini bersifat plant spawners yakni meletakkan telurnya di tumbuhan. Ketika Anda memelihara ikan ini dalam aquarium, sebaiknya Anda memijahkan dengan menggunakan kain, selanjutnya telur dipindahkan dalam air inkubasi. Telur tersebut akan menetas setelah 21 hari.
Jenis Ikan Killfish

Jenis-jenis Ikan Killfish
Demikianlah uraian mengenai eksotisme ikan killfish yang menarik untuk dipelihara. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda terkait ikan killfish.

sumber gambar dan referensi :
http://animaliaz-life.com/image.php?pic=/data_images/blackfin-pearl-killifish/blackfin-pearl-killifish4.jpg
http://www.smithsaquarium.com.au/content/images/fish/aphyosemion-australe-gold-01.jpg
http://fish-etc.com/fish/killifish-2
http://www.aquascapeindo.com/killifish-profil-ikan-yang-indah-dan-eksotis.html

Hafuza Haikal

hanya seorang penghobi hewan peliharaan seperti burung, kucing dan juga ikan hias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *