Louhan SRD

gambar louhan srd

Louhan SRD – Louhan SRD atau Super Red Dragon terkenal dengan warna tubuhnya yang terang dan tajam. Ikan louhan ini pertama kali ditemukan di negara Thailand dan akhirnya berkembang pula di Indonesia hingga ke kawasan Eropa.

Anda penasaran dengan ikan louhan SRD yang harga pasarannya berkisar Rp. 1.500.000 ini? Mari bersama-sama kita pelajari tentang ciri fisik, jenis, serta cara perawatannya.

Ciri Fisik Louhan SRD

gambar louhan srd
gambar louhan srd

Yang membuat ikan louhan SRD banyak digemari adalah jenongnya yang berukuran relatif lebih besar dibanding dengan jenis ikan louhan lainnya. Agar Anda tidak tertipu saat hendak membeli ikan louhan SDR, berikut ini ciri-ciri fisik yang bisa Anda kenali dari louhan SRD.

Corak Warna

Louhan SRD dengan kualitas istimewa biasanya memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda. Pada bagian kepala hingga bagian tengah louhan SRD akan berwarna merah tajam, disambung dengan warna kuning atau silver untuk bagian perut hingga ekor.

Jika Anda amati, terdapat pola hitam horisontal dengan bentuk bunga besar melintang mulai dari kepala hingga ekornya.

Ukuran Jenong

Jenong dari louhan SRD adalah yang terbesar pada jenisnya, bahkan dapat tumbuh dua kali lipat dari jenong ikan louhan lainnya. Itulah keunikan louhan SRD yang membuat harganya mahal.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh dari louhan SRD adalah persegi panjang yang mengecil hingga bagian ekornya. Saat berusia 10 tahun, louhan SRD akan mencapai ukuran tubuh 40 cm. Bentuk siripnya lebar menyerupai kipas, panjang, serta tidak kaku ketika berenang.

Warna Mata

Semakin merah dan tajam warna mata louhan SRD, maka semakin mahal pula harganya. Pada bagian tengah mata louhan SRD, Anda akan mendapati bintik kehitaman. Namun tidak menutup kemungkinan warna mata dari louhan SRD merah pucat hingga putih.

Jenis-Jenis Louhan SRD

Ikan louhan SRD dapat dibedakan menjadi louhan SRD lokal dan louhan SRD Tahiland. Berikut ciri fisik yang membedakan keduanya besera kisaran harga jual di pasaran.

Louhan SRD Lokal

  • Memiliki 2 bagian warna tubuh yang berbeda, yaitu merah dan silver keputihan
  • Ukuran tubuh dan jenong SRD lokal lebih kecil dibanding SRD Thailand
  • Harga jual di pasaran berkisar Rp. 1.000.000 – Rp. 2.500.000

Louhan SRD Thailand

  • Warna tubuhnya adalah perpaduan kontras antara merah dan kuning
  • BIntik hitam pada tubuhnya terlihat sangat jelas
  • Harga jual di pasaran berkisar Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000

Cara Perawatan

Sama halnya dengan Tips Sederhana Budidaya Ikan Koi Ala Segalahobi, maka dalam memelihara ikan louhan SRD harus memperhatikan kualitas air serta kebersihan aquarium.

Jika di rumah Anda menggunakan air dari PDAM, maka sebaiknya simpan dulu selama 3 – 4 hari sebelum digunakan. Sementara jika air berasal dari sumber tanah, maka penyimpanan dapat dilakukan selama 7 hari.

Berikan pakan bernutrisi seimbang demi mendapatkan penampilan louhan SRD yang maksimal. Pakan alaminya dapat berupa cacing, udang, atau ikan kecil. Sedangkan pakan buatan berupa pelet khusus ikan louhan yang mengandung hormon atau spirulina guna memicu warna tubuh ikan yang lebih cerah dan menarik.

Sampai di sisni perjumpaan kita, jika ada kritik, saran, atau pertanyaan, silahkan sampaikan pada kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, sampai berjumpa kembali.

You May Also Like

About the Author: Azep Komarudin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.