Louhan Cencu

Seputar louhan cencu

Louhan cencu – Salah satu ikan louhan yang paling banyak diminati oleh pecinta ikan hias adalah louhan cencu. Selain karena memiliki warna tubuh yang cantik, harga louhan cencu juga relatif murah jika dibanding dengan ikan louhan jenis lainnya.

Untuk lebih mengenal tentang ikan satu ini, mari kita pelajari ciri fisik, perbedaan antara jantan dan betina, serta cara perawatannya.

Ciri Fisik Louhan Cencu

Seputar louhan cencu
Seputar louhan cencu

Ikan hias yang dibanderol dengan harga mulai Rp 750.000 untuk ukuran dewasa dan mulai Rp.150.000 untuk anakannya ini memiliki ciri fisik sebagai berikut:

Bibir / Mulut

Yang paling membedakan antara louhan kamfa dan cencu yang paling mudah di kenali adalah dengan melihat bibirnya, cencu cenderung memiliki bibir cakil artinya bibir bagian bawah lebih panjang dari bibir bagian atas.

Body Marking

Bbody marking atau tanda hitam horisontal pada tubuh louhan cencu dibedakan menjadi grade A, B , dan C. Pada louhan cencu grade A marking akan nampak hingga pipinya.

Untuk grade B, mempunyai marking setengah badan saja, sedangkan grade C hanya memliki marking 1 atau 2 di bagian bawah tubuhnya.

Body marking tersebut nampak jelas saat louhan cencu masih anakan, namun perlahan akan hilang ketika ikan beranjak dewasa. Untuk itulah bila Anda membeli anakan louhan cencu, pastikan Anda memilih anakan dengan body marking yang dikelilingi mutiara dengan warna silver.Body marking yang demikian biasanya tidak akan hilang sekalipun louhan cencu sudah dewasa.

Head Marking

Salah satu ciri khas dari louhan cencu adalah memiiki head marking atau bintik pada bagian kepalanya. Hal ini disebabkan karena louhan cencu berasal dari keturunan amp. trimaculatus.

Sirip

Penampakan sirip dari louhan cencu biasanya memanjang, lunak, dan agak lebar. Semain tua usia louhan cencu, Anda akan menjumpai ikan ini bersirip menguncup, beda dengan louhan kamfa yang punya sirip yang terlihat kaku.

Membedakan Louhan Cencu Jantan dan Betina

Louhan Cencu Jantan

  • Tidak memiliki spot hitam di bagian sirip atas
  • Alat kelamin nampak menonjol, lancip, dengan pangkal kelamin menyempit
  • Terdapat jakun pada bagian bawah mulut hingga perbatasan perut

Louhan Cencu Betina

  • Terdapat spot hitam pada bagian sirip atas
  • Alat kelamin berbentuk agak lebar dan tonjolannya tidak terlihat
  • Tidak memiliki jakun

Jenis Ikan Louhan Cencu

Ikan louhan cencu memiliki dua macam jenis, yaitu louhan cencu klasik dan modern. Kenali ciri-ciri fisik keduanya.

Louhan cencu klasik:

  • Warna tubuhnya didominasi dengan warna cerah
  • Mutiara yang tersebar tidak begitu dominan
  • Bentuk tubuhnya besar dan agak membulat
  • Jenong tidak terlalu besar
  • Sirip tidak mudah layu

Louhan cencu modern:

  • Mutiara pada tubuhnya sangat dominan hingga ke bagian pipi dan jenongnya
  • Bentuk tubuh menyerupai persegi
  • Jenong biasanya sudah muncul saat ikan berukuran 10 cm. Jenis jenongnya adalah water head atau memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Cara Perawatan

Jika Anda berminat memelihara louhan cencu, maka Anda harus menyediakan aquarium dengan ukuran 3 hingga 4 kali lebih besar dari ukuran tubuh ikan. Idealnya aquarium tersebut berukuran 90 x 40 x 50.

Lakukan pengontrolan suhu air, ph, serta kebersihan aquarium setiap hari. Lakukan perhgantian air setidaknya satu atau dua minggu sekali jika Anda menggunakan filter. Jangan lupa pula untuk rajin membersihkan kotoran yang mengendap di dasar aquarium. Hal ini tentu berlaku pula untukĀ Tips Membuat Aquascape Sederhana.

Itu tadi sedikit info mengenai ikan louhan cencu. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Silahkan share agar semakin banyak yang mengenal dan menggemari ikan louhan jenis ini.

Terima kasih atas kunjungannya, sampai berjumpa kembali di kesempatan mendatang.

You May Also Like

About the Author: Azep Komarudin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.