Ini Dia Fakta Menarik Dari Telinga Kucing

Seperti kita ketahui, telinga tak hanya merupakan bagian paling penting pada manusia tetapi juga untuk kucing. Kucing termasuk sejenis binatang yang lucu dan banyak digemari sebagai hewan peliharaan. Kucing mempunyai telinga yang berbentuk unik. Nah, bagi kamu yang sangat menggemari kucing sebagai binatang peliharaan. Tentu wajib mengetahui fakta mengenai telinga kucingmu. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa meminimalisir terjadinya infeksi pada binatang yang satu ini.
Fakta Menarik Dari Telinga Kucing
Telinga kucing memiliki beberapa bagian di dalamnya, ada beberapa bagian dari telinga kucing yang wajib kamu ketahui berikut ini:
  1. Inner Ear, yakni bagian terdalam pada telinga kucing. Di mana bagian ini bertugas untuk mengatur keseimbangan pada telinga.
  2. Ear Canal, yakni bagian telinga berbentuk tabung dengan ukuran sekitar 2 inchi letaknya mengarah ke bagian gendang telinga. Sama seperti manusia, di mana gendang telinga dikenal juga dengan nama membran timpani, yakni bagian terpenting pada indera pendengaran hewan yang imut ini. Umumnya gendang telinga akan bergetar saat mengambil suara.
  3. The Outer Ear, merupakan bagian terluar pada telinga kucing sekaligus sebagai tutup telinga atau pinna. Bagian ini merupakan bagian telinga yang paling terlihat pada kucing. Biasanya bagian ini berbentuk tegak dengan bagian ujungnya runcing. Namun beberapa keturunan dari kucing umumnya mempunyai telinga berbeda.

 

Lalu, apa saja fakta mengenai telinga kucing ini? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini :
  1. Jenis kucing Persia biasanya lebih rentan akan terjadinya infeksi pada telinga dibandingkan jenis kucing yang lainnya.
  2. Anjing umumnya lebih rentan terkena infeksi bagian telinga dibandingkan kucing.
  3. Kanal eksternal atau Otis Externa, yang mana umumnya infeksi yang terjadi di telinga kucing.
  4. Cara paling tepat untuk menjaga bagian telinga kucing yaitu membersihkan telinga kucing secara lembut dengan teratur, kemudian menyadari gejala-gejala yang dapat menunjukkan terjadinya masalah di telinga kucing yang Anda pelihara.
  5. Infeksi telinga kucing kronis adalah salah satu infeksi serius yang bisa menutup bagian saluran telinga pada kucing. Bila hal tersebut terjadi umumnya memerlukan proses operasi.

 

Itulah beberapa fakta mengenai telinga kucing, sebenarnya ada banyak sekali pembersih telinga yang digunakan untuk kucing untuk mencegah terjadinya infeksi. Anda bisa mendapatkannya di toko hewan piaraan. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dan menanyakan ke dokter hewan agar merekomendasikan beberapa tips perawatan telinga kucing yang tepat. Dengan begitu, Anda pun yakin untuk membeli produk perawatan telinga paling tepat untuk kucing kesayangan Anda!

sumber gambar dan referensi :
http://duniakitty.weebly.com/uploads/1/2/4/7/12470088/1703247.jpg?960
http://binatang.net/fakta-singkat-tentang-telinga-kucing/