Hobi Memelihara Burung dan Keuntungan Membudidayakan Burung

Hobi memelihara burung dengan ciri khas kicauannya masih sangat digemari di kalangan masyarakat Indonesia. penggemar burung dengan keindahan kicauannya ini seringkali mendapatkan jenis burung yang diincarnya dari alam bebas seperti hutan dan taman bunga. Hal ini berpengaruh pada semakin menipisnya populasi burung – burung langka yang kian susah dalam mencarinya.

Semakin mahalnya harga yang dipatok dari burung – burung langka ini menyebabkan perburuan liar terhadap burung ini semakin meningkat. Salah satu burung langka yang bernilai mahal adalah burung Murai Batu. Burung ini dapat dihargai mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari kualitas suara dan kicauan yang dihasilkan. Dengan harga yang menyentuh angka jutaan, menyebabkan para pemburu semakin gencar dalam memburu dan menangkap burung Murai Batu di alam bebas. Dimana hal ini menyebabkan populasi burung ini semakin menipis di alam bebas.

HOBI BURUNG

Hobi burung murai
sumber gambar : http://chimchichchoe.com.vn/
Tidak inginkah anda melihat burung kicauan – kicauan bisa bebas berterbangan di sekitar rumah anda ? pasti hali ini bisa terwujud dimana kita bisa melihat burung kicauan-kicaun kembali ke alam dengan salah satu caranya adalah dengan mulai menangkarkan burung, dan hanya burung yang dari penangkaran saja yang di perbolehkan untuk mengikuti lomba dan saya yakin jumlah penangkapan burung dari alam sedikit demi sedikit pasti akan turun.

hobi burung pleci

hobi burung pleci

http://animaliaz-life.com/

 

Mengingat mulai menipisnya populasi burung – burung langka yang bernilai mahal tersebut, saat ini orang – orang yang gemar memelihara burung dengan kicauan yang indah ini mulai memperhatikan kelangsungan hidup burung – burung ini dari kepunahan. Mereka mulai melakukan kegiatan konservasi terhadap burung – burung tersebut. Beberapa hal yang dilakukan diantaranya dengan membuat tempat – tempat untuk penangkaran burung sebagai tempat pembudidayaan dan penjagaan kelangsungan hidup burung yang semakin sedikit populasinya. Burung hasil budidaya yang dihasilkan oleh penangkaran – penangkaran burung tersebut nantinya dapat kembali diperjualbelikan, tanpa melalui kegiatan ilegal seperti perburuan liar.

Dengan melihat kemajuan dan partisipasi dari masyarakat yang khususnya didominasi oleh pecinta burung berkicau dalam penyelenggaraan penangkaran ini, membuat para penangkar burung semakin meningkatkan kemampuannya dalam hal pengelolaan burung, yang diwujudkan dengan perluasan tempat penangkaran burung tersebut. Sehingga diharapkan dengan semakin luasnya tempat penangkaran burung, maka hasil yang diperoleh dari kegiatan konservasi dan penangkaran tersebut pun semakin baik dan besar.