Gigitan Kucing Berkaitan dengan Depresi, Benarkah ?

Gigitan Kucing Berkaitan dengan Depresi, Benarkah ? Pernahkah Anda mendengar bahwa gigitan kucing memiliki hubungan dengan kesehatan mental seseorang? Mungkin ini bukanlah hal yang sering Anda dengar, namun baru-baru ini ditemukan adanya kecenderungan seseorang yang datang ke rumah sakit untuk perawatan gigitan kucing, ternyata cenderung mengalami depresi. Data tersebut diambil dari catatan 1,3 juta pasien yang telah dikumpulkan selama 10 tahun. Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa hampir setengah dari 750 orang yang digigit kucing atau tepatnya 41 persennya juga didiagnosa mengalami masalah terkait dengan depresi. Dan fakta lainnya yang ditemukan adalah bahwa mereka yang depresi dan digigit kucing tersebut, 85,5 persennya adalah wanita.

Gigitan Kucing

Gigitan Kucing
Gigi Kucing

Setelah data-data yang telah dikumpulkan tersebut diteliti, ditemukan bahwa ada kemungkinan untuk seorang wanita didiagnosa mengalami depresi di suatu titik tertentu dalam kehidupannya dan  depresi tersebut berhubungan dengan gigitan kucing. Kemungkinan tersebut adalah 47 persen untuk wanita, dibanding dengan pria yang hanya memiliki kemungkinan 24,2 persen saja dengan gigitan yang sama.

Menurut dugaan para peneliti, alasan dari temuan tersebut bisa jadi karena seseorang yang mengalami depresi cenderung memelihara kucing. Disisi lain, bisa jadi mereka yang mengalami depresi memiliki perilaku yang tidak disukai oleh kebanyakan kucing dan kemudian memicu gigitan (national geographic)

Selain dari data yang telah dikumpulkan di atas, ada hal lain yang menguatkan kenyataan bahwa ada hubungan antara gigitan kucing dengan gangguan mental seseorang. Bukit yang cukup kuat ini terkait dengan Taxoplasma gondii yang hidup dan berkembang pada kucing. Seseorang yang terinfeksi T. gondii tersebut karena tertular lewat kotoran kucing, mempunyai kecenderungan lebih tinggi dibandingkan orang lain untuk melakukan bunuh diri, contohnya.

Baca juga : Ini Dia Alasan Kenapa Kucing Tak Sejinak Anjing

Selain itu, peneliti juga menemukan bukti lain bahwa parasit juga bisa berperan besar dalam hal ini dan membuat beberapa orang mengalami gangguan mental seperti skizofrenia. Menilik dari data-data tersebut, kita bisa menyimpulkan memang ada kemungkinan bahwa gigitan kucing memang berhubungan dengan seseorang yang mengalami depresi. Dan pastinya penelitian lebih lanjut sangat diharapkan untuk mengetahui fakta-fakta selanjutnya.