Tips Sederhana Budidaya Ikan Koi Ala Segalahobi

budidaya ikan koi bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja asalkan anda memiliki tempat dan peralatan yang memadai untuk membudidayakan ikan mahal ini. Ikan Koi adalah jenis ikan hias yang di perkenalkan oleh bangsa Jepang. Merupakan hasil persilangan dari berbagai macam ikan mas, ikan Koi memiliki nama ilmiah Cyprinus Caprio. Sejarah dari ikan Koi berada di Indonesia adalah pada saat Presiden Soekarno pada tahun 1960 di beri hadiah oleh pemimpin Cina berupa berbagai jenis ikan Koi. Kemudian presiden Soekarno memberikan perintah kepada pembudidaya ikan di Batu Jawa Timur untuk mengembang biakkan ikan Koi tersebut. Inilah yang membuat ikan Koi tumbuh dan berkembang biak di Indonesia.
Budidaya ikan Koi makin lama makin menunjukkan peluang yang cukup meyakinkan. Ada banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang di dapatkan saat Anda berusaha untuk mengembang biakkan ikan Koi. Hanya saja ada satu kendala yang di dapatkan yaitu minimnya ketersediaan bibit yang memiliki kualitas tinggi untuk membudi dayakan ikan Koi selain itu juga harga indukan ikan koi yang lumayan mahal akan tetapi jika anda sudah memiliki dana untuk menyiapkan indukan dan juga kolam. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan dalam membudidayakan ikan Koi ala segalahobi.com  silahkan disimak :

Cara Ternak Ikan Koi Lengkap

1. Persiapkan Indukan Ikan Koi

Sebagai langkah awal, untuk mendapatkan ikan Koi yang bagus dan berkualitas adalah dengan memilih indukan yang secara genetis memiliki kualitas bagus. Dengan demikian hasil budidaya akan menghasilkan keturunan ikan Koi yang bagus dan berkualitas baca : tips memilih ikan koi

Beberapa cara untuk mengetahui kualitas indukan yang baik di antaranya adalah bentuk tubuh yang terlihat ideal, memiliki gaya berenang yang anggun, umur ikan sudah cukup matang yaitu berumur 2 tahun, warna tubuh mencolok dan bersinar tegas, serta memiliki gerakan yang lincah, dan utuk koi betina pilihlah ikan koi yang memiliki perut lebih besar dari pada punggungya yang berarti ikan koi betina sudah siap untuk dikawinkan. sedangkan ciri koi jantan yang siap dipijahkan adalah di siripnya terdapat / muncul bintik-bintik putih.

Indukan Ikan Koi

Indukan Ikan Koi

Kiri : Koi Jantan, Tenggah : koi Betina, Kanan : koi betina
sumber gambar : http://www.koianswers.com/discussion/1157/2012-all-japan-koi-show-result/p1

2. Persiapan Kolam

Agar supaya indukan bisa menghasilkan benih yang baik haruslah di dapat dengan cara memelihara indukan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan cara memeliharanya di kolam khusus yang

memang benar benar sudah disiapkan. dalm kolam pemijahan saya sarankan anda menyiapkan beberapa hal diantaranya :

pemijahan dan ternak ikan koi

pemijahan dan ternak ikan koi

tempat untuk penempatan telur ikan koi
sumber : ternakku.com
  • Siapkan tepat yang akan digunakan ikan koi untuk menempelkan telurnya, biasanya telur ikan koi di tempelkan di tanaman-tanaman yang ada di kolam, atau anda bisa membuatnya sendiri misal dari kakaban yang dibuat dari ijuk yang di cepit oleh bambu.
  • Tutupi saluran keluar air dengan saringan hal ini bertujuan agar telur tidak ikut tersedot ke alat pemompa.

3. Proses Pemijahan ikan Koi

Untuk memilih tempat pemijahan yang baik adalah dengan membuat tempat pemijahan dari semen yang permukaannya sudah di plester. Ini bertujuan agar supaya sisik ikan saat pemijahan tidak mengalami kerusakan. Kolam juga harus memiliki saluran masuk serta keluar yang di lengkapi dengan saringan yang halus agar supaya mencegah masuknya hama pengganggu ke dalam kolam.
Setelah kolam di jemur, baru di isi dengan air untuk kemudian indukan betina di masukkan ke dalam kolam pemijahan. Setelah kurang lebih 2 atau 3 jam barulah di lepaskan indukan jantan ke dalam kolam. Pemijahan akan berlangsung dari mulai pukul 11 malam hari hingga dini hari. Selama masa itu akan terjadi proses pemijahan yang alami sampai indukan betina bisa terbuahi. Setelah proses selesai segera angkat indukan jantan dan betina dari kolam pemijahan.

4. Penetasan telur Ikan Koi

jika koi sudah bertelur ada dua pilihan yakni membiarkan telurnya tetap berada di kolam pemijahan atau memindahkan telur ikan koi ke kolam lain,Telur yang sudah menempel pada tanaman air haruslah bisa terendam dengan air, maka dari itu tanaman air haruslah di beri sesuatu agar tetap bisa terendam dalam air. Setelah telur menetas, tanaman air bisa di angkat dari air kemudian setelah 3-5 hari barulah telur di beri makanan.

5. Pendederan anakan ikan koi

Setelah itu buatlah kolam pendederan untuk memelihara ikan Koi yang berusia 3 bulan. Biasanya pada umur ini ikan Koi sudah mencapai panjang sekitar 15 cm. Pada masa ini Anda bisa memberikannya makan pelet ikan.

Penting dalam Buidaya Ikan Koi

  • Pilih indukan yang benar – benar sudah siap untuk di budidayakan.
  • Siapkan Tempat yang memadai untuk buidaya koi.
  • Selalu Amati perkembangannya.
  • Pindahkan ikan koi di tempat yang aman.
  • Berikan pakan yang sesuai dengan umur ikan koi.

Budidaya ikan koi memang masih menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan. terlebih lagi jika indukan yang akan di budidayakan adalah indukan yang berkualitas dari segi ukuran tubuh yang dimiliki dan juga motif yang dimilikinya. semakin bagus indukan yang anda miliki biasanya akan banyak juga yang menginginkan anakan ikan koi tersebut.