10 Ciri Burung Lovebird Jantan dan Betina

Lovebird jantan dan betina

Burung lovebird adalah salah satu jenis burung yang banyak disukai oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan burung yang satu ini memiliki warna yang beragam. Tak hanya itu, burung lovebird adalah burung yang monogami seperti kita. Jadi, hanya ada satu pasangan yang akan dipilih oleh sang jantan untuk hidup.

Nah, jika anda tertarik dengan burung dengan jenis yang ini, kami memiliki beberapa informasi tentang Ciri Lovebird Jantan dan Betina. Dalam hal ini, ciri-ciri yang akan kami bagikan pastinya akan berguna bagi anda yang ingin memelihara lovebird ataupun ingin menangkarnya.

Download Mp3 Suara Lovebird yang Gacor Hanya Disini

Sebelum ke poin utama, anda harus tahu bahwa ada 3 kelompok lovebird yang membuat kita sulit untuk membedakan mana yang jantan dengan yang betina. Kelompok lovebird tersebut yaitu kelompok intermediate, kelompok lovebird kacamata, dan kelompok dimorfik. Namun, anda tak perlu khawatir karena informasi dari kami akan sangat membantu anda. Yang terpenting, anda harus jeli dan teliti saat menerapkan cara-caranya.

Ciri Fisik Lovebird Jantan dan Betina

Perhatikan video lovebird yang sedang kawin di bawah ini,

Dari video di atas anda bisa melihat mana lovebird yang berjenis kelamin jantan dan betina, kalau kamu perhatikan lovebird jantan berwarna hijau, sedangkan untuk lovebid betina berwrna biru, adapun beberapa ciri fisik lovebird jantan dan betina yang perlu kamu perhatikan

1. Bentuk Paruh

Hal pertama yang bisa kita lihat adalah bentuk paruhnya. Untuk lovebird jantan, bentuk paruh bagian atasnya lebih melancip dan tipis di tengah. Tidak seperti lovebird betina yang lebih melengkung dan tebal di tengahnya.

2. Bentuk Badan

Kita juga bisa melihat jenis kelamin lovebird dari bentuk badannya. Di sini, lovebird jantan memiliki postur tubuh yang lebih ramping dan lebih panjang. Berbeda dengan lovebird betina yang lebih pendek dan gemuk.

3. Bentuk Sayap

Bentuk dari sayap burung lovebird juga bisa dijadikan sebagai referensi untuk menentukan jenis kelamin burung kita. Untuk lovebird jantan, sayap bagian ujung akan menyilang saat diam atau tidak terbang.

4. Bentuk Ekor

Sama halnya dengan bentuk paruhnya, burung lovebird yang jantan memiliki ujung ekor yang melancip atau membentuk kerucut kecil. Berbeda dengan lovebird betina yang memiliki bentuk ujung ekor yang lebar atau berbentuk huruf U.

5. Cara Bertengger

Di sini kita harus jeli memperhatikan burung lovebird kita saat bertengger di sanggat. Kita bisa melihat apakah lovebird kita jantan dengan melihat posisi atau cara bertenggernya. Di sini, posisi sang jantan lebih rapat daripada yang betina karena struktur tulang pubisnya lebih rapat.

6. Dengan cincin atau pendulum

Mungkin cara yang satu ini akan membuat kita keheranan. Benar sekali, kita harus memegang lovebird dan meletakkan cincin atau pendulum di depan mata lovebird – jangan terlalu dekat. Lakukan dengan posisi lovebird yang terlentang. Jika jantan, maka cincin atau pendulum akan bergerak satu arah maju mundur. Untuk yang betina, pergerakan akan memutar.

7. Tulang Pubis

Cara ini bisa dibilang sama dengan cara melihat jenis kelamin lovebird saat bertengger. Namun, kita langsung memeriksa struktur tulangnya secara langsung dengan cara diraba. Untuk lovebird jantan, tulang pubis akan serasa menyempit saat anda merabanya. Berbeda dengan yang betina yang melebar.

8. Saat Brai atau Birahi

Ketika masa kawin atau saat berahi, anda akan bisa melihat bahwa lovebird jantan akan lebih aggressive. Di sini, kicauan akan lebih banyak. Selain itu, lovebird yang jantan juga akan menggesek-gesekkan badan dan bahkan menaiki tubuh si betina.

9. Saat Membuat Sarang

Dalam hal ini, lovebird jantan sedikit aktif dari betina saat membuat sarang. Jadi, kalau anda melihat lovebird yang terlihat malas, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah jantan.

10. Bentuk Dubur

Salah satu Ciri Lovebird Jantan dan Betina yang bisa kita perhatikan adalah dari bentuk duburnya. Kita bisa meraba-raba dan membuka bulu-bulnya untuk mengetahui hal ini. Kalau bentuk dubur lebih kecil tapi menonjol, maka lovebird tersebut adalah jantan. Berbeda dengan betina yang lebih datar dan lebar.

You May Also Like

About the Author: Hafuza Haikal

hanya seorang penghobi hewan peliharaan seperti burung, kucing dan juga ikan hias

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.