Selasa, Agustus 02, 2016

Sejarah dan Karakteristik Kucing Ragdoll

Apakah Anda masih asing mendengar nama kucing Ragdoll? Kucing ragdoll merupakan salah satu kucing yang cukup menggemaskan. Walaupun begitu, kepopulerannya masih kalah dibandingkan kucing Persia. Menurut sejarah, pada mulanya kucing tersebut bernama Cherubim dan variannya bernama Ragamuffins. Kucing ini memiliki gen dari kucing birman dan burmnese yang terlihat dari pola bulu atau rambutnya. Kebanyakan kucing ini mempunyai gen white spotting dominan sehingga yang terlihat bak variasi dari mitted dan beberapa mirip kucing birman. 

Kucing ragdoll pada mulanya dikembangkan oleh seseorang bernama Ann Baker pada tahun 1963 di California. Kucing ini merupakan kucing dengan badan besar dan kuat, kakinya pun besar serta ekor panjang berbulu lebat. Banyak juga yang menyebut kucing Ragdoll sebagai Giant Cat atau kucing raksasa. Anda pasti terkesima dengan ukurannya.  Tak hanya badannya saja yang besar, kepala serta telinga kucing Ragdoll juga besar dengan mata lebar. Istimewanya lagi, kucing Ragdoll memiliki warna mata safir.

Karakteristik Kucing Ragdoll
Kucing ragdoll merupakan kucing yang cukup besar ukurannya, baik dari kepala sampai kaki. Ia merupakan tipe kucing yang suka dengan ketenangan dan memberikan kenyamanan.

Keunikan kucing Ragdoll juga terlihat dari pola warna yang terbagi menjadi 3 yaitu clourpointed, mitted dan bicolour. Diantara pola colourpointed dan Mitted sebetulnya tidak ada perbedaan mencolok, letak perbedaannya hanya pada bagian kaki yang seakan-akan terlihat seperti mengenakan kaos kaki berwarna putih. Sedangkan pola bicolour, warna putihnya hanya terdapat pada dagu, dada, sampai perut dan pada bagian hidungnya terdapat pola berwarna putih. Unik dan menarik sekali bukan kucing Ragdoll?

Bukan hanya ciri fisiknya yang unik dan menawan, tapi sifat khas kucing Ragdoll pun membuat orang gemas dan mudah menyukainya. Bagaimana mungkin para pecinta kucing tak menyukai kucing Ragdoll dengan sifatnya yang jinak sekaligus tenang? Kucing tersebut tidak suka dengan keributan maka kucing ini sangat pantas dipelihara di dalam rumah sebagai binatang yang akan menemani hari-hari Anda. Anda akan beruntung memiliki kucing ini karena ia merupakan tipe hewan yang sangat menyayangi pemiliknya.

Bagaimana mungkin Anda tidak akan terkesima dengan tingkah kucing Ragdoll yang sangat menggemaskan. Ketika Anda pulang larut malam dan lelah, si kucing akan menyambut Anda dengan ciuman pada kening, dengkuran membahagiakan, serta gosokkan kaki si kucing. Ketika Anda sedang stres, perasaan Anda bisa kembali tenang dan sedikit membaik. Tak hanya itu, kucing Ragdoll tak segan-segan duduk di pangkuan dan memeluk si pemilik dan menunjukkan rasa nyamannya sehingga Anda bisa tersenyum bahagia kembali. 

Perlu Anda ketahui pula bahwa kucing Ragdoll tetap suka bermain tapi ia bukan kucing yang over aktif. Tapi tenang saja ia mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan. Ia akrab sekali dengan anak-anak ataupun orang dewasa. Tak hanya itu, ia juga aktif dengan sesama kucing, bahkan anjing. Luar biasa sekali bukan si Ragdoll? Ia juga mudah sekali menurut pada pemiliknya.