Sabtu, Agustus 06, 2016

Mengenal Kucing Manx, Kucing Unik Tanpa Ekor

Kucing Manx merupakan salah satu kucing unik yang ada di dunia ini. Biasanya kucing mempunyai ekor yang panjang ataupun pendek. Berbeda dengan kucing Manx, jenis kucing ini merupakan kucing tanpa ekor yang berasal dari daratan Eropa. Kucing Manx pertama kali ditemukan di pula yang ada di antara Inggris dan Irlandia. Orang pulau tersebut menyebut bahwa kucing tanpa ekor berasal dari laut, kemudian berkembang biak dan kawin dengan kucing domestik dan menghasilkan kucing tanpa ekor. Kucing Manx ini baru diakui rasnya oleh organisasi internasional pada tahun 1903.

Kucing Manx memang sangat mudah dikenali dengan tidak adanya ekor pada kucing ras ini. Ras kucing Manx yang diikutkan lomba fashion show kelas internasional adalah kucing dengan ekor paling panjang 3 cm dan akan semakin tinggi nilainya jika kucing tidak mempunyai ekor. Berat rata-rata kucing max ini adalah 3 sampai 5 kg dengan kaki belakang yang lebih panjang. Bentuk kaki belakangnya yang panjang, membuat kucing Manx terlihat lebih tinggi pada bagian pantat dan terlihat agak bungkuk dan pendek. Namun jika berbaring kucing ini terlihat lebih panjang.

Mengenal Kucing Manx
Kucing Manx merupakan kucing unik tanpa ekor dengan bentuk badan yang kuat. Sifat dari kucing ini dapat dihandalkan untuk menjaga rumah tapi tidak agresif.

Bentuk kepala kucing Manx adalah bulat dengan bentuk leher yang lebih panjang. Sedangkan bentuk telinga dari kucing ini tampak menghadap ke depan dengan ujung yang berbentuk bulat. Berbeda dengan kucing Anggora ataupun persia, kucing Manx mempunyai mata yang besar, menonjol, dan berbentuk bulat dengan warna mata sesuai dengan warna pola pada bulu kucing Berbeda Dengan Kucing Abyssinian . Berdasarkan kelebatan dari bulunya, kucing Manx dibagi menjadi dua jenis yaitu kucing bulu panjang dan kucing Manx bulu pendek. Warna bulu dari kucing ini sangat beragam tapi yang paling langka adalah kucing Manx dengan warna putih.

Keunikan dari kucing Manx ini tidak hanya pada karakteristik fisiknya saja tapi juga pada sifatnya. Ras kucing Manx termasuk kucing dengan otak yang cerdas, bahkan kucing Manx dapat dilatih untuk menuruti perintah verbal dari majikannya. Tidak hanya itu, kecerdasan otak dari kucing Manx ini ternyata hampir setara dengan otak anjing. Kebanyakan kucing Manx yang dipelihara dapat dilatih dengan cepat dan bersifat loyal kepada pemiliknya. Kucing Manx cenderung akan mengikuti tuannya.
Ras kucing Scottish
Sifat utama dari kucing Manx ini hampir sama dengan kucing lainnya yang lucu dan menggemaskan. Namun kucing ini juga merupakan kucing dengan keahlian berburu yang handal. Kehandalan berburu dari kucing Manx ini dibuktikan dengan kemampuannya yang bisa mengalahkan tikus besar yang lincah. Hal inilah yang menyebabkan kucing Manx juga cocok untuk dijadikan sebagai penjaga rumah ataupun penjaga kapal. Walaupun terlihat garang, kucing ini suka bersosialisasi dengan kucing jenis lainnya dan cenderung tidak bersifat agresif.