Sabtu, Juli 30, 2016

Mengenal Kucing Jenis Persia

Para pencinta kucing tentu sudah tidak asing lagi dengan kucing jenis persia. Kucing ini termasuk kucing yang populer dikalangkan pencinta kucing. Ras kucing persia ini termasuk ras yang paling tua dalam rasa kucing. Jenis kucing persia pertama kali diimpor Iran menuju ke Eropa sekitar tahun 1620. Kemudian kucing ini mulai dikembangkan di Inggris dan Amerika setelah terjadi perang dunia yang kedua. 

Sampai sekarang pengembangan kucing persia ini dilakukan oleh beberapa breeder yang ada di dunia. Bahkan sekarang sudah muncul kucing exotic shorthair dan Himalaya sebagai sub kucing persia. Untuk memperkaya warna bulu dari kucing ini dilakukan cross breeding antara kucing persia dan anggora. Dengan crossbreeding ini banyak dilahirkan kucing persia dengan hidung yang lebih pesek dan muka yang lebih bulat. 

Crossbreeding yang dilakukan memang menghasilkan banyak kucing persia yang lucu dan menggemaskan. Namun dibalik itu semua, kucing persia mempunyai hidung yang semakin sempit sehingga kesulitan ketika bernafas. Tidak hanya itu, kucing ini juga mempunyai kelainan pada mata yang terus menerus mengeluarkan kotoran. Hal inilah yang membuat kucing persia perlu dirawat dengan ekstra agar tidak berpenyakitan. 

Kucing jenis persia mempunyai karakteristik yang khas pada bulunya yang lebat dan panjang. Selain itu, bentuk kaki dari kucing ini juga pendek dengan bentuk kepala lebar. Karakteristik lainnya dari kucing ini adalah bentuk telinganya yang kecil dengan jarak yang cukup jauh antara telinga kanan dan kiri. Pada bagian moncong kucing persia sangat pendek sehingga terkadang tidak terlihat seperti moncong kucing pada umumnya. 

Mengenal Kucing Jenis Persia
Kucing persia termasuk kucing ras paling tua yang ada di muka bumi. Jenis ras kucing ini termasuk kucing dengan bulu panjang yang indah dan butuh perawatan yang rutin.


Bahkan para breeder di Amerika terus mengembangkan kucing persia dengan bentuk moncong sangat pendek. Yang menggemaskan dari fisik kucing ini adalah matanya yang lebar. Warna bulu dari kucing ini sangat beragam sesuai dengan hasil persilangan antar induknya. Secara umum warna bulu kucing ini diantaranya yaitu hitam, solid, biru, cream, merah, dan warna lainnya yang sangat beragam. Bulu dan mata kucing persia sangat mudah untuk ditebak, hal ini dikarenakan kucing persia mempunyai warna mata yang sama dengan warna bulunya. 
Ras kucing jenis British shorthair
Warna mata dan bulunya yang menggemaskan memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari kucing persia. Sifatnya yang tenang dan cenderung pendiam ini membuat kucing ini semakin menggemaskan.  Karakteristik sifat yang pendiam ini memang kurang cocok jika Anda menginginkan kucing yang lebih cerewet. Namun jika Anda ingin kucing yang tenang dan pendiam maka kucing persia adalah kucing yang tepat untuk dipelihara. 

Kucing ini juga tidak pemalu dengan orang asing dan cenderung mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Nah, bagi Anda yang ingin memelihara kucing ini sebaiknya harus melakukan perawatan secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan setiap kucing persia membutuhkan perawatan grooming setiap harinya agar tetap sehat dan tidak terserang penyakit.