Selasa, Juni 28, 2016

Venus, Si Kucing Unik dengan Wajah Ganda

Apakah kamu pernah menemui seekor kucing dengan dua warna kontras di wajahnya dan dua mata yang berbeda warna? Jika pernah mungkin kamu pernah melihat Venus, si kucing unik yang banyak menarik perhatian ini. 

Venus memiliki wajah berwarna hitam legam dengan mata yang berwarna hijau pada satu bagian. Sedangkan bagian lainnya, warna wajah kucing tersebut adalah kucing kecoklatan dan warna matanya adalah biru. Kerena keunikan yang ia miliki, Venus telah menjadi kucing yang sangat populer di dunia ini. Ia bahkan memiliki akun pribadi di media sosial dengan jutaan pengunjung yang tertarik melihat sosok dan tingkah kucing unik ini. Tak tanggung-tanggung, salah satu stasiun televisi di Amerika Serikat bahkan menampilkan sosok kucing unik ini. 



Para peneliti sudah mencoba untuk menganalisa apa yang terjadi pada kucing unik ini. Salah seorang profesor di Universitas California, Leslie Lyons, yang mempelajari genetika dari kucing-kucing domestik menyebutkan bahwa belum pernah ditemukan kucing yang mengalami fenomena seperti Venus. Menurutnya, kucing tersebut sangatlah langka. Namun, bukan berarti bahwa hal ini tidak dapat dijelaskan dan tidak bisa dimengerti apa penyebabnya.



Banyak orang yang menyimpulkan bahwa kucing ini merupakan hewan yang seperti chimera, hewan mitologi yang tubuhnya terdiri dari dua bagian binatang yang berbeda. Kucing yang cenderung seperti chimera ini adalah kucing yang memiliki sel dengan dua jenis DNA dikarenakan dua embrio bergabung bersama. 

Seperti yang disebutkan oleh Lyons, sebenarnya populasi kucing chimera ini tidaklah langka karena banyak kucing jantan yang memiliki kombinasi warna krem, hitam dan kuning serta bercak khas berupa bintik oranye dan hitam pada bulu kucing yang menandakan adanya kromosom X tambahan. Sedangkan kucing betina memang sudah memiliki dua kromosom X dan tidak membutuhkan kromosom X tambahan agar bisa memiliki lebih dari satu warna.

Venus yang merupakan kucing betina kalau begitu bisa jadi tidak menderita chimera. Lalu, apa yang membuatnya memiliki kombinasi warna yang sangat unik tersebut? Lyons menyebutnya sebagai sebuah keberuntungan. Ia juga menambahkan bahwa keunikan Venus ini memang masih sedikit menyisakan misteri.

Sumber Gambar dan Referensi :
http://canadajournal.net/wp-content/uploads/2014/07/Two-Faced-Cat-Venus-599x330.jpg
https://i.ytimg.com/vi/YLkO7gD1qJE/hqdefault.jpg
http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/09/venus-kucing-unik-dengan-2-wajah-dan-2-warna-mata