Sabtu, Juni 11, 2016

Tips Merawat dan Melatih Kenari Agar Tidak Hanya Jago Kandang

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diincar dan dipelihara para pencinta burung. Burung ini sangat favorit karena pandai berkicau dan juga mau berkicau kapan dan di mana saja. Hal itulah yang menjadi salah satu kelebihannya dibanding jenis burung kicau lainnya. Burung Kenari banyak dilombakan, terutama burung Kenari yang jago berkicau atau gacor. Tentu sangat disayangkan jika burung Kenari gacor hanya di rumah saja tanpa pernah ikut lomba. Akan tetapi tidak jarang burung Kenari yang gacor di rumah, nyatanya diam ketika ikut lomba.

Burung Kenari yang gacor di rumah namun diam saja ketika ikut lomba disebut juga dengan istilah jago kandang. Jika Anda memiliki burung Kenari seperti itu, Anda harus mulai melatihnya dengan cara yang tepat. Tujuannya agar burung Kenari Anda tidak hanya jago kandang saja, tetapi juga memiliki mental juara. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melatih mental burung Kenari Anda. Di antaranya yaitu:


  • Rajin memaster burung Kenari

Agar burung Kenari Anda memiliki suara kicau yang bervariasi, Anda harus rajin melakukan pemasteran. Pemasteran dilakukan untuk memancing burung Kenari berkicau sesuai dengan suara master yang didengarkannya. Gunakan suara master yang bervariasi agar burung Kenari Anda juga memiliki kicau yang bervariasi.
Download Aplikasi Suara Burung Kenari : Disini
  • Sering bawa ke perlombaan

Ketika ada perlombaan burung Kenari di sekitar rumah Anda, bawalah burung Kenari Anda ke sana. Tidak harus ikut perlombaan, namun cukup dibawa saja untuk membiasakan mentalnya dengan keramaian. 

  • Rajin ubah posisi dan lokasi kandang

Jangan hanya menggantung burung Kenari Anda pada tempat yang itu-itu saja. Lakukan pengubahan posisi atau lokasi gantungan kandang tersebut dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu burung Kenari Anda akan terbiasa dengan tempat yang baru.
  • Pindahkan kandang

Tidak hanya posisi kandangnya saja yang diubah dalam kurun waktu tertentu, tetapi ganti kandangnya dengan kandang lain. Namun cara ini jangan dilakukan terlalu sering, lakukan beberapa Minggu sekali.
  • Berikan vitamin

Jangan lupa untuk memberikan vitamin pada burung Kenari Anda agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Jangan hanya memberikannya pakan yang itu-itu saja, berikan juga pakan ekstra dan juga vitamin seminggu sekali.

Jika Anda menerapkan metode tersebut dengan benar, burung Kenari Anda akan segera memiliki mental juara. Jangan lupa juga untuk memandikan dan menjemurnya secara rutin, berikan pakan yang cukup serta jaga kebersihan sangkarnya.

sumber gambar dan referernsi :
http://kenariwonosobo.com/wp-content/uploads/2013/11/Penanganan-Kenari-Untuk-Lomba.jpg
http://omkicau.com/2016/02/09/tips-melatih-kenari-jago-kandang-agar-bermental-lomba/