Minggu, Juni 19, 2016

Kisah Vincent, Si Kucing dengan Kaki Titanium



Layaknya dongeng yang pada awalnya buruk namun akhirnya begitu indah, kisah Vincent juga seperti demikian. Kucing yang diberi nama Vincent tersebut ditemukan saat masih bayi dengan kaki belakang yang terluka begitu parah hingga membuatnya sedikit puntung. Saat itu ia berjalan dengan menyeret kakinya yang puntung dan ia hidup di penampungan hewan. Lalu, adakah yang mau mengadopsinya?

Seorang karyawan yang bekerja di penampungan hewan tersebut, untungnya, memiliki seorang putri yang berkuliah di Kedokteran Hewan pada Universitas Iowa, Amerika Serikat. Melihat keadaan Vincent yang memprihatinkan, ia berbicara kepada salah satu staff pengajar di kampusnya yaitu Mary Sarah Bergh yang merupakan seorang dokter hewan dengan spesialisasi pada bedah ortopedi
.
Kucing dengan Kaki Titanium

Vincent pun kemudian menjalani operasi pertamanya pada Februari 2014. Beberapa hari setelah operasi tersebut, Vincent pun bisa melangkah meski masih menggunakan bantuan meski tak sebanyak sebelumnya. Selanjutnya, operasi tahap kedua dijalaninya setahun kemudian dengan tujuan untuk memperpanjang implan. Sejak hari itu, Vincent pun menjalani perawatan-perawatan lainnya sampai mendapatkan kaki buatan yang permanen. 

Si kucing berbulu gelap ini pun masih belajar untuk menggunakan kaki buatan yang telah diberikan padanya. Ahli ortopedia yang telah mengoperasinya, Mary Sarah Bergh, yakin bahwa Vincent akan bisa melompat dan melakukan hal lainnya yang biasa kucing lain yang normal lakukan sesegera mungkin. Mengingat kondisi tulangnya yang dalam keadaan sangat baik dan implan yang stabil, tak diragukan lagi si kucing malang yang beruntung ini dapat bergerak dengan begitu baik di atas kaki buatannya.

Kucing dengan Kaki Titanium 2


Implan ortopedi sendiri cukup jarang ditemui pada hewan. Hanya sekitar 20 kasus saja di seluruh dunia untuk implan ortopedi ini. Dengan kata lain, pengalaman serta pengembangan implan ortopedi yang dilakukan pada hewan sangatlah minim. Padahal bukan hanya Vincent, ada banyak Vincent-Vincent lain yang sepertinya membutuhkan implan ortopedi semacam ini agar bisa beraktivitas secara normal sebagai hewan. Satu langkah kecil yang dilakukan pada Vincent ini adalah suatu lompatan besar yang dilakukan dalam ilmu ortopedi hewan.

sumber gambar dan referensi : 
https://mgtvwric.files.wordpress.com
http://www.catster.com/topic/amazing-cats/page/4/
http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/01/kisah-kucing-berkaki-titanium