Selasa, Juni 21, 2016

Ini Dia Alasan Kenapa Kucing Tak Sejinak Anjing

Kucing Kamu sedang berusaha menjinakkan kucing namun menemui kesulitan dalam melakukannya? Ternyata anggapan bahwa kucing lebih sulit dijinakkan dibandingkan dengan anjing memang bisa dijawab secara ilmiah lho. Bukan hal yang tidak mungkin untuk dapat menjinakkan kucing, tapi kucing dianggap tidak bisa menjadi teman terbaik manusia dengan penjelasan ilmiah seperti berikut ini.

Sebuah studi menyebutkan bahwa alasan kucing tak bisa sejinak anjing adalah karena gen dalam kucing itu sendiri. Peneliti dari Washington University School of Medicine menyatakan bahwa kucing tidak dapat dijinakkan layaknya anjing bahkan selama 9000 tahun. Disisi lain, menurut Wes Warren dari The Genome Institute of Washington University, tidak seperti anjing, hewan yang satu ini tidaklah bisa dijinakkan hingga 100 persen.

Ditemukan fakta bahwa ternyata penjinakan atau domestikasi pada hewan liar sulit dilakukan pada kucing karena DNA. Peneliti menemukan adanya perubahan gen pada kucing yang dicoba untuk dijinakkan. Hal tersebut meliputi gejala kehilangan memori hingga ketakutan. Bisa dikatakan meskipun kucing bisa berhasil dijinakkan, ada kemungkinan bahwa kucing tersebut akan mengalami gangguan psikologis.
 Kucing dan anjing Anjing

Pada zaman dahulu, kucing dipelihara dan dijinakkan untuk mengendalikan hama tikus yang ada di ladang kandung. Dalam hal ini, peneliti berhipotesa bahwa orang-orang telah memberikan hadiah berupa makanan pada kucing hanya agar menahan kucing tersebut untuk tetap ada bersama majikannya. Dalam penelitian lebih lanjut, peneliti juga mempelajari mengenai genom kucing. Dan apa yang ditemukan para peneliti dalam hal ini?

Ternyata mereka menemukan bahwa ada perbedaan genom antara kucing liar dengan kucing rumahan. Salah satu yang paling kentara ternyata adalah pola bulu dan struktur wajah. Selain kedua hal tersebut tingkat kepatuhan juga berbeda antara kucing liar dengan kucing rumahan. 

Kucing dan anjing Akrab

Menurut Warren, penelitian ini telah menunjukkan adanya sebuah seleksi kepatuhan dalam diri kucing. Hal tersebut terjadi karena manusia terbiasa memberikan makanan pada kucing yang kemudian mempengaruhi genom kucing dan mengubahnya. Jadi, buat kamu yang berencana untuk menjinakkan kucing liar, rasanya harus puas dengan tingkat kejinakan yang tidak seperti anjing.

sumber gambar dan referensi :
https://www.brilio.net/news/30-meme-kocak-kucing-vs-anjing-yang-bikin-ketawa-ngakak-1511046.html
http://herman-salim.blogspot.co.id/2012/10/mengapa-anjing-dan-kucing-susah-akur.html
http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/11/jangan-harap-kucing-dapat-sejinak-anjing