Minggu, Juni 26, 2016

Benarkah Kucing Hitam Merupakan Pembawa Sial ?



Anda mungkin pernah mendengar bahwa kucing hitam merupakan penanda sial, lalu apakah hal tersebut benar? Dilihat dari sejarahnya, pada abad pertengahan, rumor mengenai penyihir yang mempraktikkan ilmu hitam sedang begitu populer di Eropa. Bahkan, seekor kucing jalanan yang diberi makanan oleh seorang wanita tunawisma dianggap sebagai praktik ilmu sihir.

Lalu, apakah yang menjadikan kucing hitam dianggap sebagai pembawa sial? Pada tahun 1560-an sebuah kisah merebak di Lincolnshire, Inggris. Dikisahkan bahwa seorang ayah dan anak laki-lakinya sedang berjalan di malam hari tanpa cahaya bulan saat seekor kucing hitam berada di tengah jalan yang mereka lewati. Mereka kemudian melempar hewan tersebut dengan batu karena refleks hingga kucing tersebut terluka dan lari ke sebuah rumah yang diduga sebagai rumah penyihir.



Pada keesokan harinya, kedua orang tersebut berpapasan dengan wanita pemilik rumah tersebut dan menemuinya berjalan pincang dengan tubuh yang lebam. Mulai dari situ, Lincolnshire percaya jika penyihir bisa berubah menjadi seekor kucing hitam di malam hari. 

Di Amerika, kepercayaan tentang kucing hitam juga menjadi semakin kuat terutama saat aksi perburuan penyihir di Salem. Pada waktu itu, 20 orang yang diduga sebagai penyihir dihukum mati di tahun 1962 karena disinyalir telah membuat anak perempuan dari Pendeta Samuel Parris mengalami sakit. 

Bahkan hingga saat ini, penyihir dan kucing hitam masih populer terutama saat diadakannya perayaan Halloween dan bahkan hal ini telah menjadi simbol bahwa hal jahat akan terjadi. Lain dengan anggapan bahwa kucing hitam merupakan pembawa sial, di Scotlandia, kucing hitam yang berada di beranda rumah dipercaya dapat membawa kemakmuran (baca : alasan kucing tidak sejinak anjing)

Bahkan di daerah Midlands Inggris, ketika seorang pengantin wanita diberi kado pernikahan berupa kucing hitam dipercaya bahwa hal tersebut akan memberinya keberuntungan. Apalagi jika kucing hitam yang menjadi kado tersebut bersin. Setelah mengetahui sedikit akan sejarahnya, ini lah saat nya bagi Anda untuk memilih percaya yang mana. Keduanya bisa jadi benar selama Anda mempercayai hal tersebut.

Sumber Gamabar dan referensi :
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c5/Odd_Eyed_Black_Cat_looks_at_viewer.jpg
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/07/mengapa-kucing-hitam-dianggap-sebagai-pembawa-sial