Selasa, Mei 24, 2016

Kenari Brimstone, Burung yang Mirip Mozambik



Burung Kenari Brimstone beberapa waktu lalu menjadi incaran para pencinta burung di Indonesia. Burung yang satu ini mirip dengan burung Mozambik, namun merupakan spesies yang berbeda. Dari segi suara atau kicauannya, Kenari Brimstone memiliki suara yang lebih bagus dan lebih baik dibandingkan Mozambik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak tertukar dalam mengenali kedua jenis burung tersebut. Pasalnya, banyak orang yang tidak bisa membedakan mana Kenari Brimstone dan mana Mozambik. Sementara untuk kualitas suara, kicauan burung Kenari Brimstone memiliki kualitas yang lebih baik. 

Kemiripan antara burung Kenari Brimstone dan burung Mozambik memang tidak diragukan lagi. Ada banyak orang yang sulit membedakan dan akhirnya salah dalam membeli burung Kenari Brimstone di pasaran. Selain mirip dengan burung Mozambik, burung Kenari Brimstone juga mirip dengan burung Kenari Whitebellied. Burung tersebut juga memiliki kemiripan dengan burung Kenari Brimstone dari penampilannya. Namun sekali lagi, burung Kenari Brimstone merupakan spesies yang berbeda dengan burung Mozambik dan Whitebellied. Burung Kenari Brimstone sendiri juga dikenal sebagai burung Bully Canary.

Burung Kenari Brimstone termasuk keluarga Fringilidae, banyak ditemukan di Afrika Utara. Seperti yang sudah disebutkan, burung Kenari Brimstone memiliki penampilan yang mirip dengan burung Mozambik. Hanya saja, jika Anda menyandingkan keduanya maka akan tampak perbedaan di antara keduanya. Yang mana burung Mozambik memiliki paruh dan juga ukuran tubuh yang lebih kecil. Selain itu, burung Mozambik memiliki corak kepala yang lebih jelas dan pantatnya berwarna kuning terang. Sementara burung Kenari Brimstone memiliki ukuran tubuh dan paruh yang lebih besar.

Burung Kenari Brimstone terbagi atas 3 ras atau subspesies, diantaranya yaitu:
Serinus sulphuratis sulphuratus
  • Ras yang satu ini tersebar di berbagai wilayah selatan dan barat Provinsi Cape, Afrika Utara.



Serinus sulphuratis Wilson
  • Ras yang satu ini tersebar dari wilayah timur Provinsi Cape sampai wilayah selatan daerah Mozambik. Burung Kenari Brimstone ras ini memiliki paruh yang lebih kecil dibanding ras sebelumnya dengan warna bulu yang lebih pucat.

Serinus sulphuratis sharpii
  • Burung Kenari Brimstone ras ini tersebar dari Kenya hingga Mozambik. Untuk ras yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang paling kecil diantara ras lainnya. Warna bulunya juga tampak paling pucat dibandingkan ras lainnya.


Untuk perawatannya sendiri tidaklah sulit, Anda dapat merawat burung ini layaknya merawat burung Kenari lainnya. Pakan untuk burung Kenari Brimstone di antaranya yaitu milet, sayuran hijau, buah-buahan dan bahkan bunga. Burung ini juga menyukai rayap, Anda dapat memberikan rayap sebagai pakan tambahan. Jika Anda dapat merawat burung ini dengan baik dan benar maka Anda akan segera mendengarkan suara kicaunya yang merdu.

Penasaran Seperti apa ocahan nya ? seilahkan lihat kicauan burung kenari brimstone berikut :
sumber gambar dan refernsi :
http://www.taenos.com/img/ITIS/Serinus-sulphuratus/brimstone-canary-8.jpg
http://www.taenos.com//img/ITIS/Serinus-sulphuratus-sharpii/Serinus-sulphuratus-sharpii-3.jpg
http://omkicau.com/2014/08/19/kenari-brimstone-kembaran-mozambik-yang-banyak-dicari/