Selasa, Mei 17, 2016

Cara Melatih Kucing Buang Air Di Tempat yang Tepat



Kucing adalah binatang peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Banyak orang yang menyukai kucing karena sifatnya yang jinak dan lucu. Namun sayangnya, kucing yang menggemaskan ini tidak semuanya terlatih terutama untuk buang air. Para pencinta kucing terkadang sangat sebal ketika kucing kesayangannya buang air sembarangan. Air seni dari kucing memang tidaklah banyak tapi jika kucing dibiarkan buang air kecil sembarangan maka bisa mengotori rumah dan membuat rumah berbau kurang sedap. Oleh karena itu, Anda harus melatih kucing Anda agar bisa buang air kecil di tempat yang benar.

Melatih Kucing Buang Air dengan Bak Pasir
Untuk melatih kucing buang air di tempat yang benar ada dua cara, yaitu dengan menggunakan bak pasir dan dengan cara dibiasakan dengan menunjukkan tempatnya. Cara melatih kucing yang pertama yaitu dengan melatih kucing untuk buang air di bak pasir. Anda harus menyiapkan bak pasir untuk buah air kucing. saya sarankan siapkan dua buah bak pasir dengan ukuran yang agak besar. Pasir yang digunakan untuk tempat buah air kucing adalah pasir yang tidak menggumpal atau pasir jenis non clay clumping. Hindari menggunakan pasir menggumpal karena pasir tersebut bisa saja membahayakan kesehatan kucing.
Bak pasir yang sudah disiapkan ini diletakkan di dalam kandang kucing dan di luar kandang kucing. Ketebalan pasir yang diletakkan di dalam bak juga jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, cukup sekitar 3 cm sampai 5 cm. Agar kucing tetap terjaga kesehatannya sebaiknya pasir harus diganti setiap dua Minggu sekali ataupun 1 bulan sekali dan juga jangan lupa. Kebersihan kucing memang harus dijaga agar kucing tetap sehat dan terhindari dari segala macam penyakit.

Melatih Kucing Buang Air Di Tempat yang Tepat


Melatih Kucing Buang Air dengan Cara Dibiasakan
Jika bak pasir sudah disiapkan maka cara yang harus Anda lakukan adalah dengan membiasakan kucing agar buang ari di tempat yang sudah disediakan. Tuntunlah kucing Anda untuk menuju bak pasir setelah dia selesai makan dan minum. Biasanya kucing akan buang air kecil jika sudah selesai makan atau minum. Kucing yang ingin buang air biasanya memberikan tanda dengan menggaruk-garuk lantai. Jika Anda melihat hal tersebut segera ajak kucing ke bak pasir yang sudah disediakan. Lakukan secara terus menerus sampai kucing terbiasa dan terlatih untuk buang air di tempat yang sudah disediakan.

sumber gambar dan refernsi :
http://okdogi.com/wp-content/uploads/2016/01/bak-pasir-untuk-kucing-persia.jpg
http://binatang.net/melatih-kucing-buang-air/