Sabtu, Mei 07, 2016

10 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memelihara Angelfish

Ikan angelfish merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup populer di kalangan para pecinta ikan aquarium. Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk memelihara ikan ini atau tidak, maka Anda perlu mempelajari fakta terkait ikan ini.

Berikut adalah 10 hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memelihara ikan angelfish:
Angelfish air tawar


  1. Angelfish termasuk keluarga cichlid : Cichlid adalah jenis keluarga ikan air tawar yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Beberapa jenis ikan populer yang termasuk anggota keluarga cichlid yaitu ikan kakatua, diskus, oscar, dan jack Dempseys.
  2. Termasuk jenis ikan karnivora Jika Anda memelihara ikan Angelfish, Anda perlu memberi makan berupa udang baru tetas, atau bloodworms.  Untuk mengoptimalkan pertumbuhan Anda juga perlu memberikannya pakan pellet.
  3. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 10 inch : Ikan yang sudah dewasa rata-rata panjang tubuhnya 6 inch, tetapi ada juga yang bisa mencapai panjang 10 inch jika ukuran aquariumnya besar dan tidak terlalu banyak ikan.
  4. Sebaiknya di dalam aquarium dipisahkan dari ikan jenis lain : Angelfish termasuk jenis ikan yang agresif dan berkuasa, sehingga akan lebih baik jika tidak menempatkan ikan jenis lain di dalam aquarium yang sama.
  5. Kondisi aquarium Angelfish akan hidup dengan baik di dalam aquarium yang besar, dengan air yang tenang serta bersih. Suhu air sebaiknya dipertahankan antara 74 – 78 F dengan pH sekitar 6,5 hingga 6,9.
  6. Rawan terserang parasit ick : Ikan ini sangat mudah terserang parasit. Tips untuk menghindari parasit ick yaitu Anda harus selalu menjaga kebersihan aquarium, menjaga kebersihan air, mengatur jumlah ikan di dalam aquarium, dan mengatur makanan yang diberikan.
  7. Termasuk kategori ikan yang meletakkan telur : Ikan ini meletakkan telurnya untuk dibuahi ikan jantan. Ketika pembuahan berhasil, maka telur akan menetas dan menjadi individu baru.
  8. Susah dibedakan jantan dan betinanya : Ikan jantan dan betina sama-sama memiliki papila. Papila ikan betina yang sedang gravid akan membesar dan menjadi tumpul, angelfish jantan yang mengetahui tanda ini papilanya juga akan membesar dan ujungnya akan meruncing.
  9. Memiliki banyak varietas : Angelfish saat ini telah memiliki banyak varietas, dari yang tadinya hanya berwarna perak sekarang sudah mampu dikembangkan dengan teknik mutasi. Varietas terbaru hasil mutasi yaitu philipine biru.
  10. Terdapat pula jenis angelfish air laut :Angelfish air laut membutuhkan perawatan yang lebih rumit, karena membutuhkan air yang digunakan dalam aquarium adalah air asin. Meskipun perawatannya susah, namun ikan ini memiliki warna yang cukup menarik dan variatif.
Regal Angelfish ikan laut

Demikianlah 10 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memelihara ikan angelfish, semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

sumber gambar dan referensi : 
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3f/Regal_angelfish.jpg
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6e/Freshwater_angelfish_biodome.jpg
http://www.aquascapeindo.com/10-fakta-tentang-angelfish.html
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/82/Group_of_Pterophyllum_Altum.jpg