Jumat, Maret 24, 2017

Kucing Ras Sphynx (Canadian Hairless)

Ras Sphynx dahulunya dikenal dengan Canadian hairless, ras kucing ini memiliki bulu yang pendek dan juga sedikit. Bulu kucing ini cukup halus layaknya lapisan tipis pada kulit yang terasa halus. Kucing ras ini mengalami mutasi genetik, saat ini jumlahnya sangatlah terbatas. Untuk sejarahnya, kucing ras ini mengalami mutasi di beberapa tempat seperti Kanada, Maroko, Perancis, Meksiko, Amerika, Australia dan Rusia. Selama ratusan tahun kucing yang tidak memiliki bulu lahir dari kucing-kucing berbulu pendek. Sayangnya kucing tersebut tidak dikembangbiakkan secara khusus hingga sebagian besar mati karena kurangnya perawatan.

Di tahun 1960, kucing lokal Kanada melahirkan kucing tanpa bulu yang kemudian dilakukan program pengembangbiakan. Sayangnya tidak lama kemudian pengembangbiakan diberhentikan karena adanya masalah kesehatan pada perkembangbiakan ras kucing tersebut. Akhirnya kucing-kucing yang tidak memiliki bulu mengalami kepunahan. Namun pada tahun 1975, di Minnesota terlahir seekor kucing tanpa bulu. Kucing tersebut lahir dari kucing normal, kemudian tahun berikutnya terlahir kembali kucing tanpa bulu dari kucing yang sama. 2 ekor kucing tanpa bulu tersebut akhirnya diberi nama Dermis dan Epidermis.


Kemudian seorang breeder dari Minnesota, Georgiana Gattenby mulai mengembangbiakkan kucing tanpa bulu. Kucing tanpa bulu tersebut dikawinkan dengan kucing ras Devon Rex, tujuannya agar sifat genetiknya lebih kuat. Keturunan dari perkawinan kucing tersebutlah yang diberi nama Sphynx, dimana nama tersebut diambil dari Sphinx yang ada di Mesir. Pada tahun 1978, breeder kucing di Kanada juga mengembangbiakkan kucing tanpa bulu. Kucing tersebut dipelihara secara baik layaknya hewan kesayangan hingga kemudian memiliki 2 ekor anak kucing tanpa bulu. Kucing-kucing pada waktu itulah yang menjadi nenek moyang dari kucing Sphynx.



Untuk ciri khasnya sendiri, kucing Sphynx memiliki badan yang tegap dan berukuran sedang. Kucing ini memiliki perut yang bulat dan tampak seperti tabung, dadanya cukup lebar. Kucing ini memiliki kepala berbentuk segi tiga dan berleher panjang. Dahi kucing ini rata, tulang pipinya menonjol, hidungnya pendek dan memiliki lekukan. Untuk dagu, kucing ini memiliki dagu tegas dan sedikit berkumis (ada juga yang tidak berkumis). Kucing Sphynx memiliki telinga yang besar dan lebar, kemudian bagian bawahnya berdiri tegak. Kaki kucing ini cukup panjang dan proporsional, sesuai dengan ukuran tubuhnya.


sumber gambar dan referensi :
http://www.kucingkita.com/ras-kucing/sphynx
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b0/Sphynx_buiten.JPG
https://pixabay.com/static/uploads/photo/2016/03/09/12/10/animals-1246303_960_720.jpg
https://pixabay.com/static/uploads/photo/2015/06/18/21/53/sphynx-814164_960_720.jpg