Jumat, Maret 24, 2017

Mengenal Kucing Exotic Shorthair

Pada akhir 50-an, banyak breeder kucing American Shorthair yang secara diam-diam melakukan perkembangbiakan khusus. Kucing-kucing shorthair tersebut dikawinkan dengan kucing ras Persia yang berwarna silver. Tujuannya adalah untuk memperbaiki bentuk dan juga tipe badan kucing serta memiliki warna silver. Hasil dari perkawinan tersebut yaitu kucing American Shorthair (ASH) yang memiliki karakteristik Persia. Dimana kepalanya lebih bulat serta lebar dan memiliki hidung yang lebih pesek. Kucing ini juga memiliki telinga yang lebih kecil dengan badan yang lebih lebar dan lebih padat.

Kucing hasil perkawinan tersebut memiliki bulu yang lebih lembut dan juga lebih tebal dibandingkan bulu kucing ASH. Untuk penampilannya, kucing tersebut memiliki penampilan yang lebih indah dan tidak menunjukkan penampilan ASH yang sesungguhnya. Kemudian pada tahun 1966, Seorang juri Cat Fanciers Assocation (CFA) bernama Jane Martinke mengajukan ras campuran ASH dan Persia sebagai ras baru. Jane Martinke sendiri juga merupakan breeder ASH, sayangnya pengajuannya ditolak dan mengundang banyak perdebatan. Awalnya, penjual kucing Persia menolak untuk menjual kucingnya pada penggemar Exotic./

Gambar Kucing Exotic Shorthair


Namun penggemar Exotic sendiri tetap bertahan dan mengawinkan kucing-kucingnya dengan ras Burnese, British Shorthair dan Russian Blue. Hingga kemudian kucing dengan gen bulu pendek lebih kuat dan lebih stabil. Akhirnya para breeder mengawinkan kucing tersebut dengan Persia demi mendapatkan keturunan kucing dengan bentuk badan dan juga kepala Persia. Sampai pada tahun 1987, CFA akhirnya mengizinkan Exotic Shorthair untuk dikawinkan dengan ras Persia. Secara perlahan namun pasti, kepopuleran Exotic Shorthair semakin bertambah. Kucing Persia dan exotic Shorthair sendiri memiliki standar yang sama, hanya berbeda pada panjang bulu.

Gambar Kucing Exotic Shorthair


Untuk karakteristik Exotic Shorthair sendiri yaitu memiliki sifat yang tenang dan juga anggun. Namun kucing ini lebih lincah dan lebih aktif dibandingkan dengan kucing Persia. Kucing ini jarang mengeong dan selalu ingin tahu, kucing ini juga termasuk kucing yang mandiri. Kucing ini lebih suka berada di sekitar tuannya, perawatannya sendiri lebih mudah karena bulunya yang lebih pendek. Kucing Exotic Shorthair juga sering disebut sebagai Persian for Lazy People. Secara keseluruhan, baik dari warna, pola warna, mata dan bentuk fisik antara Exotic Shorthair dan Persia sama kecuali panjang bulu.

sumber gambar dan referensi : 
http://www.kucingkita.com/ras-kucing/exotic-shorthair
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/02/Brown_Exotic_Shorthair_Kitten.jpg
https://pixabay.com/static/uploads/photo/2016/02/18/05/44/cat-1206539_960_720.jpg